Selasa, 31 Juli 2012

Biografi dan Profile Lengkap Ariel Peterpan (Nazril Irham)

Nazril Irham, biasa dikenal dengan nama Ariel Peterpan, lahir di Pangkalan Brandan – Sumatera Utara, tanggal 16 September 1981. Ayahnya adalah seorang pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga biasa.

Ariel Peterpan

Biografi Ariel Peterpan dari Biografi Web

Ayah Ariel adalah seorang pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga biasa. Karena berprofesi sebagai pegawai lapangan, sang ayah bekerja di lokasi yang berpindah-pindah. Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarga harus pindah ke Langsa, sebuah kota yang ada di Nangroe Aceh Darussalam. Setelah tinggal di sana selama tujuh tahun, Ariel sekeluarga lantas pindah ke Bandung. Sebuah kota yang udah dianggap Ariel sebagai “rumah”-nya sendiri.
Sejak kecil Ariel telah memperlihatkan bakat besar di bidang seni, tapi bukan di bidang menyanyi. Bakat seni yang terlihat dari Ariel justru di bidang menggambar. Dia sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar di Bandung.

Gara-gara hobi menggambar, Ariel sempet bercita-cita jadi arsitek. Tapi, di tengah perjalanan hidupnya, ia menemukan satu hobi baru yang diminatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel kemudian meniti karir.

Sejak kelas I SMP, penggemar Oasis ini udah intens ngebikin band. Band pertama yang dibikinnya bernama Peppermint. Sayang, nasib nih band nggak sesegar namanya. Cuma bertahan tujuh bulan, man.

Sejak kelas I SMP, Ariel telah intens membentuk grup musik band. Band pertama yang dibentuknya bernama Peppermint. Sayang, nasib nih band ini hanya bertahan tujuh bulan.
Lantas, Ariel membuat band lagi bernama Sliver, Cholesterol dan Topi. Lagi-lagi, semuanya bubar di tengah jalan. Tapi, band yang disebut terakhir lumayan berjasa buat karirnya. Beberapa orang yang tergabung di Topi –termasuk Ariel-, sepakat membentuk band baru. Sebuah band yang diberi nama Peterpan dan bertahan sampai sekarang.

Bersama Peterpan, Ariel berupaya menembus kafe-kafe top di Bandung. Penampilan Peterpan yang atraktif plus vokal Ariel yang berkarakter diam-diam menarik minat Noey –eks basis Java Jive yang belakangan jadi produser- untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna yang termuat di album kompilasi itu sukses jadi modal buat Peterpan untuk menembus industri rekaman.

Tahun 2003, Peterpan merilis album Taman Langit. Album ini ternyata meledak. Harus diakui, salah satu faktor yang mendukung larisnya album ini adalah vokal Ariel dan kemampuannya mengolah lirik. Lirik-lirik yang dibuat pengagum Kahlil Gibran ini amat dalam. Mampu menyentuh dasar hati pendengar lagu-lagunya.

Wajar jika nama Ariel semakin melambung. Posisinya sebagai frontman memungkinkannya menjelma jadi idola baru. Puncaknya, saat album Bintang di Langit dirilis pertengahan 2004 lalu. Ariel bener-bener jadi pujaan pencinta musik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Di tengah banjir popularitas, Ariel sempet terganjal masalah. Ia digosipkan telah menghamili pacarnya, seorang gadis asal Semarang yang bernama Sarah Amalia.

Gosip ini tak dapat dielakkan oleh Ariel. Belakangan, ia malah bersedia mengawini Lia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebuah perkawinan yang dirahasiakan dari sorotan media.

Menikah di usia muda sempet membuat banyak orang ragu pada kelangsungan karir Ariel dan Peterpan. Keraguan itu jelas harus dijawab oleh Ariel. Caranya, apalagi kalo bukan terus berkarya dengan sepenuh hati. Terus menghasilkan lagu-lagu yang menghibur dan bisa dinikmati oleh pendengar musik Indonesia.

Selain berkarier di dunia musik, Ariel sekarang menjadi bintang iklan. Ia menjadi model iklan Sunsilk bersama model Amy Lee.

Selain itu, Ariel pun menjadi bintang film dalam film populer Sang Pemimpi. Ariel memerankan tokoh Arai, seorang pemuda yang tak pernah berhenti bermimpi.

Pada tahun 2010, Ariel terjerumus dalam kasus pornografi yang melibatkan dirinya dan beberapa artis wanita Indonesia, di antaranya Luna Maya dan Cut Tari. Dua buah video sex dengan pelaku sangat mirip Ariel dengan Cut Tari dan Ariel dengan Luna Maya tersebar luas di internet dan menjadikan karier artis mereka terancam. Bahkan, dikabarkan rekaman video itu tidak hanya berjumlah 2 buah saja, melainkan 32. Hal ini mencitrakan kesan buruk Ariel di mata masyarakat Indonesia.



ARIEL ‘Peterpan’

Nama Lengkap : Nazril Irham
Nama Panggilan : Ariel
Posisi di Band : Vocal
Tempat / Tanggal Lahir : Pangkalan Brandan / 16 September 1981
Agama : Islam
Hoby : Musik, Olah Raga, Gambar
Pendididkan Terakhir : Mahasiswa Universitas Parahiyangan
Cita-cita : Arsitek
Zodiak : Virgo
Tinggi / Berat : 167 Cm / 59 Kg
Musisi Favorit : Dolores O’Riordan (The Cranberries),
Nirvana (Kurt Cobain), Kahlil Gibran
Film Favorit : Matrix
Artis Film Favorit : Winona Ryder
Warna Favorit : Biru
Makanan Favorit : Apa aja yang penting enak
Minuman Favorit : Root Bear
Pakaian Favorit : T-Shirt
Tempat Nongkrong : Kamar
Prestasi : Medali Emas Kejurnas In Line Hockey
Nama Ibu : Darlina Darwis
Nama Bapak : Nazril Irphan
Anak ke- : 3 dari 3 bersaudara
Instrument yang digunakan : Microphone Shure SM 58
Tokoh yang dikagumi : Spiderman
Nomor Sepatu : 42

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar


close
cbox