Senin, 09 Juli 2012

Sejarah Berdiri BoyBand Super Junior (SUJU)

Sejarah Berdiri BoyBand Super Junior (SUJU)
















Sejarah Berdiri BoyBand Super Junior (SUJU)
- Super Junior, biasa disingkat SJ atau kadang SuJu, adalah sebuah boyband asal Korea Selatan jebolan SM Entertainment (punya Lee Soo Man). Jumlah personelnya ada banyak, yaitu 13 orang.

Awalnya grup ini cuma beranggotakan 12 orang, yaitu Leeteuk (leader), Heechul, Hankyung (satu-satunya dari China), Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Shiwon, Ryeowook dan Kibum, namun sejak bulan Mei 2006, ditambah lagi satu anggota yaitu Kyuhyun, hingga Super Junior kini berjumlah 13 orang.

Semua member SuJu ini masuk ke SM lewat audisi-audisi yang dilakukan oleh SM. Setelah menjalani pelatihan-pelatihan yang lama, akhirnya mereka debut pada tahun 2005 (tanpa Kyuhyun) dengan membawakan single pertama mereka TWINS (Knock Out) pada tanggal 6 November 2005 di SBS Ingigayo. Hingga sekarang tanggal 6 November jadi disebut sebagai Hari Super Junior, dan tiap tahunnya dirayakan bersama fans.

Fans? Kalau sebutan fans Dong Bang Shin Ki ialah Cassiopeian, maka sebutan bagi fans SuJu adalah E.L.F, kependekan dari Ever Lasting Friends... Fanclub resmi didirikan pada tahun 2006.

Dan warna perwakilannya adalah Mutiara Biru Safir... atau Pearl Sapphire Blue... jadi jangan heran kalo ada SuJu, lautan biru safir akan terlihat....

Tadinya grup ini mau dibikin sebagai grup rotasi, jadi nantinya akan ada member baru, dan member yang lama keluar, bahkan Super Junior dulunya bernama Super Junior 05, nanti ada Super Junior 06 dan seterusnya, tapi setelah penambahan Kyuhyun itu, Super Junior akhirnya jadi grup tetap, beranggotakan 13 orang dan embel-embel 05 dihilangkan. Dan sampai sekarang nama mereka tetap Super Junior

Tahun 2005.

Pada tanggal 8 November 2005, dirilis sebuah single digital berisi lagu TWINS, You Are the One, dan 3 track tambahan. Dan pada tanggal 5 Desember 2005 dirilis album lengkap yang diberi nama Super Junior 05 (TWINS). Album debut pertama mereka ini terjual 28.536 copy dan menduduki posisi ke-3 di chart Desember 2005. Di bulan yang sama, SuJu berkolaborasi dengan grup "se-pabrik" mereka, Dong Bang Shin Ki (DBSK) membawakan lagu Show Me Your Love...
Show Me Your Love merupakan lagu untuk menyambut Natal, dan menjadi lagu paling laris selama Desember, dan single ini terjual nyaris 50.000 copy dalam kurun waktu kurang dari 30 hari.

Setelah promo TWINS dan Show Me Your Love selesai, mereka melanjutkan dengan single kedua, Miracle, di bulan Februari 2006 (masih tanpa Kyuhyun). Video musik lagu ini dibuat pada saat musim dingin loh... disaat cuaca dingin, dan bibir pun terasa beku... SuJu memakai pakaian yang tipis, dan tetap berjingkrak-jingkrak happy, menari dan menyanyi. Dalam MV, gak keliatan banget kalo mereka lagi kedinginan.... bener-bener hebat!! Profesional... ^^
Single Miracle ini berhasil menduduki posisi pertama di berbagai chart musik Korea dan chart musik Thailand. Single ini juga merupakan single terakhir bagi Super Junior dengan embel-embel 05.

Tahun 2006

Bulan Mei 2006, tanggal 23, Kyuhyun resmi ditambahkan sebagai anggota ke-13 dan bersama-sama dengan 12 member lainnya, mereka merilis single terbaru yaitu U. Single tersebut dirilis secara online dan dapat didownload secara gratis pada tanggal 25 Mei 2006. U telah didownload sebanyak 400.000 kali dalam waktu 5 jam setelah dirilis dan akhirnya melebihi 1,7 juta kali download, sampai-sampai server situs tersebut menjadi gangguan.

Lalu versi CD dari U ini dirilis tanggal 6 Juni 2006 dan terjual lebih dari 81.000 copy hingga tahun 2007.

U berada di posisi pertama selama 5 minggu berturut-turut di dua acara musik top Korea. Lagu U itu kemudian mendapat Mutizen Award di SBS Ingigayo pada minggu kedua perilisannya dan bertahan selama 3 minggu berturut-turut dapet Mutizen Award. Selain itu dapat penghargaan lain di M.Net's M! Countdown... selama dua minggu.

Setelah promo U berakhir, SuJu lalu merilis single Dancing Out pada tanggal 20 Juli 2006. Single ini merupakan single musim panas yang dimasukkan dalam album 06 Summer SM Town. Single ini juga mendapat dua penghargaan begitu dirilis.

Super Junior total mendapat lebih dari 7 penghargaan di 5 ajang penghargaan musik top di Korea, salah satunya Best New Group.

Mendekati tahun 2007, subgrup pertama dibentuk.

Subgrup Super Junior K.R.Y (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung) dibentuk pada tanggal 5 November 2006. 3 orang member yang tergabung dalam subgrup ini dikenal memiliki kemampuan vokal paling baik... Aliran musiknya ballad, RnB. Subgrup ini tidak punya album resmi, mereka hanya berpartisipasi dalam album kolaborasi atau soundtrack drama.

Tahun 2007

Februari 2007, subgrup kedua dibentuk, Super Junior T (Trot). Dengan jumlah personel 6 orang, yaitu Leeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk, mereka membawakan lagu-lagu beraliran trot. Dibentuknya grup ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Super Junior mampu membawakan lagu jenis lain selain pop yang biasa mereka bawakan, juga untuk mengajak kembali anak muda untuk menikmati musik jenis trot...

Sugbgrup ini merilis single Rokkugo pada tanggal 23 Februari 2007. Tanggal 25-nya, mereka resmi debut di SBS Ingigayo, membawakan lagu Rokkugo dan Chot Cha bersama dengan penyanyi trot Bang Shilyi. Debut subgrup mereka ini juga menandai kembalinya Kim Hee Chul setelah kecelakaan mobil yang menimpanya pada tanggal 10 Agustus 2006 setelah Heechul menghadiri pemakaman Ayah Donghae di Mokpo.

Rokkugo menduduki posisi pertama di chart musik tiga hari setelah dirilis. Dan dua bulan kemudian menduduki posisi pertama di stasiun musik berbasis Tahiland dan bertahan selama beberapa minggu.
Single ini terjual hampir 46.000 copy dan menjadi single terlaris di Korea tahun itu.

Car Accident
Tanggal 19 April 2007, 4 member Super Junior mengalami kecelakaan hebat setelah melakukan program radio Super Junior Kiss the Radio, pada pukul 1 pagi... Mobil yang mereka tumpangi terguling karena mengalami ban pecah setelah supir mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.

Kyuhyun, anggota termuda dan terbaru yang duduk tepat dibelakang pak supir, mengalami luka paling parah, dia mengalami patah tulang pinggul, patah tulang iga, dan beberapa luka memar dan luka gores di wajah, bahkan saat dibawa ke rumah sakit pun dia perlu bantuan oksigen, karena paru-parunya mengalami pendarahan. Kyuhyun bahkan sempat mengalami koma. Kyuhyun di rawat selama 78 hari, masuk rumah sakit tanggal 19 April dan keluar tanggal 5 Juli.

Leeteuk, leader dan juga anggota tertua mengalami luka yang parah juga, tapi tidak separah Kyuhyun. Teukky terkena pecahan kaca di seluruh punggungnya dan di sekitar matanya. Total Teukky harus mendapat 170 jahitan. Teukky keluar dari rumah sakit pada tanggal 30 April, sementara Eunhyuk dan Shindong boleh pulang pada tanggal 23 April.

Karena kondisi Kyuhyun yang tidak memungkinkan, Kyuhyun jadi tidak ikut berpartisipasi dalam lagu Haengbok (Full of Happiness) yang dimasukkan dalam album 07 Summer SM Town.

Super Junior juga merilis film perdana mereka berjudul Attack on the Pin Up Boys, sebuah film bergenre komedi remaja... Ceritanya tentang pria-pria cantik yang diserang teroris. Karena sudah ada 3 korban, maka anak-anak sekolah jadi berharap mereka diserang teroris juga. Kalau diserang teroris berarti mereka diakui kalau mereka pria cantik (OK).

Karena Kyuhyun masih sakit, maka dia juga tidak ikut berpartisipasi dalam film pertama mereka. Leeteuk juga hanya tampil dalam MV Wonder Boys nya saja... total penampilan Leeteuk yang wajahnya nongol ke permukaan cuma 5 detik. Untuk membuktikan kalau dia adalah si panda. Padahal sebenarnya panda itu dimainkan oleh Ryeowook.

Film ini terbilang gagal di pasaran, kalo gak salah saat itu ditayangkan bersamaan dengan film D-War, dan film-film berbudget tinggi, sementara film ini cuma film sederhana.

Versi DVD yang dirilis SM justru laris di Korea dan di mancanegara, bahkan penjualannya lebih dari cukup untuk menutupi kerugian 8.500.000.000 Won.

Setelah proyek film selesai, SuJu lalu melanjutkan dengan proyek album ke-2 mereka. Harusnya album ini dirilis setahun yang lalau, berhubung Heechul kecelakaan ditambah kecelakaan yang menimpa 4 member, akhirnya album ini tertunda.

Album ke-2 ini diberi judul Don't Don, sama dengan judul lagu andalan mereka. Dirilis tanggal 21 September 2007. Super Junior kembali tampil lengkap ber-13 di KBS MUsic Bank. Dan dalam 3 hari sejak dirilis, album Don't Don ini berhasil melampaui angka penjualan 11.000 copy dan debut di posisi pertama bersaing ketat dengan Lee Soo Young. Don't Don jadi album terlaris sepanjang bulan September. Sejumlah 60.000 copy album dikirim minggu pertama dan kemudian dicetak ulang. Setelah 3 bulan dipasarkan, Don't Don terjual 164.058 copy, membuatnya jadi album terlaris.

Namun untuk album terlaris sepanjang tahun 2007 hanya menduduki urutan ke-2, kalah dari SG Wannabe dengan The Sentimental Chord-nya.

Penampilan mereka di album ke-2 ini cukup membuat shock... gaya mereka berubah drastis dari awalnya TWINS bergaya rock, pindah ke Miracle jadi lucu-lucu dan imut, beralih lagi ke gaya dewasa di U, pindah ke Don't Don jadi gaya-gaya punk atau apa itu?? Rambutnya banyak yang dicat agak-agak putih, baju-bajunya juga, kesannya gelap lah pokoknya!! Tapi emang, lagunya yang berisi tentang issue-issue sosial, dengan paduan musik dan tarian mereka... jadi lagu favorit gw sepanjang masa.... Hot!!!

Baru sebentar promo, Super Junior mengalihkan promo mereka ke single berikutnya, Marry U yang bergenre ballad dan RnB... Dengan balutan jas putih.... semuanya tampil manis dan romantis, jauh dari kesan garang di lagu Don't Don.

Super Junior memperoleh 3 dari 7 nominasi di ajang penghargaan M.Net/KM Music Festival (MKMF). SuJu juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Artist of the Year (Daesang Award) yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang tersebut.

Oh iya, di lagu Don't Don itu ada seorang pemain biola yang ikut tampil. Namanya Henry Lau, E.L.F heboh saat itu, bertanya-tanya apakah ada penambahan member ke-14?? E.L.F menentang keras adanya penambahan member. Dengan membawa slogan "Only 13", E.L.F kompakan buat demo di depan kantor SM Entertainment. E.L.F bahkan bekerja sama buat patungan beli saham SM Entertainment. Namun, karena rata-rata E.L.F adalah anak sekolahan, saham mereka hanya sekitar 0,3%, tidak cukup kuat untuk memberi pengaruh bagi SM.

Akhirnya SM mengumumkan dibentuknya sub grup baru, Super Junior M yang nantinya dikhususkan untuk menembus pasar China, dan SM mengumumkan adanya penambahan member lagi, member ke-15, Zhou Mi. Dibentuknya subgrup baru ini, ditambah dengan adanya member lain, menimbulkan kontroversi di antara fans. Terlepas dari itu semua, SuJu M kini sukses-sukses saja di China, bahkan jadi boyband paling populer di China. SuJu M ini terdiri dari Hankyung (yang China itu, dia jadi leader), Shiwon, Ryeowook, Donghae, Kyuhyun, dan 2 member baru, Henry Lau dan Zhou Mi. Grup ini resmi dibentuk tangal 2 Oktober 2007 membawakan lagu andalan, Me.

Tahun 2008

5 orang member aktif di China, agar member yang masih di Korea gak kehilangan job, maka subgrup dibentuk lagi, Super Junior Happy, biasa disebut Supi atau SuJu- H. Terdiri dari Leeteuk (jadi leader juga), Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Hampir sama dengan SuJu-T, cuma posisi Heechul diganti ma Yesung. Subgrup ini membawakan lagu-lagu dengan jenis musik Bubblegum-pop yang ceria, membawa kebahagiaan bagi yang mendengarkannya...

SuJu-H ini tampil pertama kali di Dream Concert tanggal 3 Mei 2008, namun perkenalan resmi sebagai sebuah subgrup dilakukan pada tanggal 30 Mei 2008 oleh SM lewat website Newsen. Mini albumnya, Cooking? Cooking!, dirilis tanggal 5 Juni 2008.

Setelah Super Junior mengalami kesuksesan selama kurang lebih 3 tahun, Super Junior menggelar tur Asia pertama mereka bertajuk Super Show the 1st Asia Tour. Tur mereka ini dimulai dari tanggal 22 Mei 2008. Digelar di beberapa kota di Asia, seperti Seoul, Beijing, Bangkok, Shanghai, Nanjing, dll. Tiap konsernya sukses besar... Bahkan kabarnya, putri Thailand juga ikut nonton Super Show di Bangkok...

Tanggal 8 dan 9 Juli, ekspansi Super Junior ke Jepang dilakukan dengan menggelar Premium Live Event di Nippon Budokan, Tokyo, sebagai perayaan atas dibukanya fansite Jepang resmi tanggal 1 April 2008. Tiket 12.000 untuk penonton, terjual habis!!!

Tanggal 2 Agustus, Super Junior datang ke Genting, Malaysia untuk menghadiri MTV Music Award (MAA --> yang bikin gw jadi dewas!! ckckckc....). SuJu datang sebagai tamu istimewa bersama-sama dengan The Pussycat Dolls, One Republic, dll, dan satu-satunya perwakilan dari Korea. Mereka menenangkan Favorite Artist Korea disana...

Tahun 2009

Selesai menggelar Super Show di semua negara tujuan, dan setelah Super Show Encore di bulan Januari 2009, Super Junior bersiap untuk meluncurkan album ke-3 mereka...
Album ketiga ini dirilis tanggal 12 Maret 2009 dengan lagu andalan Sorry, Sorry yang tariannya kini jadi trend, mulai dari pemain sepakbola, bapak-bapak kantoran, pemain volley wanita, juga menarikan Sorry, Sorry.

Sorry, Sorry mendapatkan 4 Mutizen Award di SBS Ingigayo dan 6 dari KBS Music Bank... Setelah sukses dengan Sorry, Sorry, Super Junior mengeluarkan album Repackage nya dengan 4 lagu tambahan, dan Neorago (It's You) lagu andalannya... Neorago hanya mendapat 2 Mutizen di SBS dan KBS....

Sukses dengan album ketiga mereka, Super Show 2 digelar di Olympic Stadium Seoul selama 3 hari dari tanggal 17 Juli hingga 19 Juli 2009...

Tak ada bangku kosong yang E.L.F sisakan di tiap konser Super Junior...

Selang 2 minggu, Premium Live Event ke-2 juga digelar di Jepang...

Tanggal 18 September lalu, Super Junior sukses juga menggelar SuShow 2 nya di Hongkong (pertama kali di HK, tahun lalu HK tak masuk list kota tujuan SuShow). Dan esok harinya, tanggal 19 September mereka kemballi ke Seoul untuk tampil di Asia Song Festival... (yang bikin heboh, cuz E.L.F Indonesia pada ngiri ma Agnes... ckckckc...). Super Junior memenangkan Best Asian Singer di ASF itu...

SuShow 2 akan digelar lagi tanggal 18 Oktober nanti di Shanghai..

Kritikan

Sebagai sebuah grup dan artis, Super Junior tak lepas dari kritikan. Banyak yang mengatakan kalo Super Junior kurang memiliki kualitas vokal... Kritik parah mereka peroleh saat tampil di MBC Music Core pada bulan Juli 2006. Di acara itu dipastikan semua tampil Live, tapi Super Junior tampil lipsync... Fans mencoba membela SuJu dengan mengatakan kalo Heechul sedang sakit. Namun yang mengkritik gak bisa nerima gitu aja, SuJu kan ada 13 member, 1 orang sakit gak perlu mereka semua jadi lipsync.

Walaupn banyak yang mengkritik, Super Junior tetap aja populer, fansnya makin banyak dan makin banyak lagi.... Dan untuk membuktikan kalo Super Junior itu bisa menyanyi, Super Junior comeback dengan membawakan lagu Don't Don secara LIVE!!! (di KBS Music Bank) Wooowww... lagu bertempo cepat tapi dibawakan dengan Live, walau gw sendiri liat Sungmin agak kehabisan napas, overall bagusss.... SuJu jjang! SuJu jjang! SuJu jjang!!

Dari 30 lagu yang mereka bawakan saat konser pun, hanya 6 lagu yang dibikin lipsync, sisanya LIVE.... membuat Super Junior dapat sambutan positif atas konser mereka....


Awards

2006.06.25 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.06 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.07.09 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.16 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.20 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.08.20 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.08.31 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.10.31 The 13th Korean Television Arts Festival - Male Group Award
2006.11.08 The 7th Korean Visual Arts Festival - Photogenic Group Award
2006.11.25 2006 Mnet KM Music Festival (MKMF) - Best New Group
2006.12.01 The 16th MTV Seoul Gayo Daesang - Best New Group
2006.12.01 The 16th MTV Seoul Gayo Daesang - Mobile Popularity Award
2006.12.14 The 21st M.net Golden Disk Awards - Best New Group
2006.12.14 The 21st M.net Golden Disk Awards - PAVV Most Popular Music Video
2006.12.22 Jukeon Digital Music Awards - Best New Group
2006.12.29 SBS Gayo Daejeon - Best New Male Group

2007.01.31 The 2nd Asia SEED Awards (Thailand) - Best New Asian Artist
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Most Popular Group
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Best Performance
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Best Good Looking Guy (HeeChul)
2007.08.21 070821 2007 Mnet 20's Choice – Best Bad Guy (KangIn)
2007.08.21 070821 2007 Mnet 20's Choice - Best Dresser On The Blue Carpet
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Auction Popularity Award
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Mobile Popularity Award
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Artist Of The Year
2007.12.14 2007 Golden Disk Award - Best New Group
2007.12.14 2007 Golden Disk Award - Golden Awards
2007.12.17 2007 QQ Tencent (China) - Asian Best Group

2008.01.18 2007 Asian Model Award - Asian Special Arts Department
2008.01.31 2008 Gayo Daejeon - Mobile Popularity Award
2008.01.31 2008 Gayo Daejeon - Artist of the Year

2009.03.27 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.03.29 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.05 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.09 Mnet M!countdown 1st place
2009.04.12 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.23 Mnet M!countdown 1st place
2009.04.24 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.04.26 Channel V The best of Asian Pop
2009.05.01 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.08 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.15 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.22 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.06.07 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.09.19 Asian Music Festival - Asian Best Singer
Sumber : Seputar Sejarah

0 komentar:

Posting Komentar


close
cbox